Menteri ATR Minta RDTR Berjalan Sesuai Target

IST/BERITASAMPIT - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), saat melakukan pengecekan dokumen, di Kantor Pertanahan, Kota Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengunjungi Kantor Pertanahan Kota Palangka Raya, Kamis 27 Juni 2024 sore.

AHY berkeliling meninjau seluruh ruangan dan menyapa jajaran kantor pertanahan. Ia berpesan kepada jajaran Kantor Pertanahan Kota Palangka Raya agar memastikan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang dikerjakan pemerintah daerah berjalan sesuai target.

“RDTR penting sekali dan sangat dibutuhkan bagi para investor untuk bisa mengembangkan usaha atau bisnisnya di Kalteng, jadi itu harus kita kejar secara baik, bekerja sama dengan stakeholder lainnya,” ujar AHY.

Selain itu, AHY mendorong dilakukannya akselerasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

BACA JUGA:  Berkat Beasiswa TABE, Mahasiswa Ini Tak Bebani Orang Tua dengan Biaya Pendidikan 

“Kemudian kita akan terus mengejar target PTSL, kita berharap Kota Palangka Raya berstatus Kota Lengkap artinya semua bidang secara spesial itu sudah terpetakan, sudah terdata dengan baik, mengurangi potensi terjadinya sengketa konflik dan menutup celah celah terjadinya praktik mafia tanah,”ujarnya usai berkeliling.

Kunjungan ke Kantor Pertanahan dan Kantor Wilayah BPN Provinsi se-Indonesia bertujuan memastikan kebijakan-kebijakan Kementerian ATR/BPN berjalan dengan baik.

Selain itu, AHY juga ingin mendengar langsung permasalahan serta tantangan yang dihadapi jajaran daerah dalam menjalankan program-program strategis.

“Bagi saya yang paling cepat untuk bisa menguasai permasalahan adalah dengan cara berkunjung langsung. Tidak ada yang bisa menggantikan dialog tatap muka secara langsung. Dan sekaligus saya bisa mengukur apakah kebijakan di tingkat pusat sudah dijalankan dengan baik,”tuturnya.

BACA JUGA:  Permainan Tradisional Balogo Diharapkan Bisa Terus Dilestarikan

Para pegawai Kantor Pertanahan Kota Palangka Raya juga diimbau senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Semangatnya adalah setiap saat ATR/BPN ini harus semakin bisa melayani publik dengan profesional dan juga humanis,” pungkas AHY.

Adapun kedatangan Menteri AHY disambut oleh Kepala Kantor Pertanahan Kota Palangkaraya, Yono Cahyono.

Turut mendampingi, Staf Ahli Menteri Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri, serta Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN, dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Kaltebg, Elijas B. Tjahajadi.

(Sya’ban)