Pemkab Kotim Akan Perbaiki Jalan Kapten Mulyono Sampit, Diaspal dan Diperlebar

NARDI/BERITA SAMPIT - Kondisi Jalan Kapten Mulyono Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), akan melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan pada Juli atau Agustus 2024 dan ditargetkan selesai akhir Desember 2024.

“Pemkab Kotim akan memperbaiki infrastruktur 178 jalan dan 42 gang dari wilayah selatan hingga utara tahun 2024,” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga,Bina Konstruksi, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DSDABMBKPRKP) Kotim Mentana Dhinar Tristama, Jumat 28 Juni 2024.

Salah satunya rekonstruksi jalan juga akan dikerjakan di Jalan Kapten Mulyono sepanjang 900 meter dengan masing- masing sisi kanan dan kiri dilakukan pelebaran 1,5 meter, dianggarkan Rp8 miliar.

BACA JUGA:  RSUD dr Murjani Ungkap Kondisi Pasien di Ambulan yang Dicegat saat Presiden Lewat

Selanjutnya, Jalan Pemancar Metro sepanjang 2.000 meter dengan lebar 5 meter, dianggarkan Rp7 milliar.

Salah satu prioritas adalah pembangunan jalan karena menyentuh langsung dengan masyarakat, dan sangat penting bagi kegiatan dan segala aktivitas.

Anggaran yang digunakan bersumber dari APBD sekitar Rp100 miliar, dan 11 paket bersumb rdari Dana Bagi Hasil (DBH) kelapa sawit dan tiga dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Kegiatan perbaikan dimulai Juli atau Agustus 2024, berakhir target sekitar Desember 2024, ada yang semenisasi, rekontruksi, pengaspalan, penimbunan, atau agregat.

Selain itu juga ada perbaikan jalan lainnya yang menjadi prioritas yaitu jalan Tanjung Jariangu-Bawan-Kuala Kuayan, Simpang Kalang Tumbang Kalang, Simpang Kandan, Jalan Partoe Muksin, Jalan Metrotv, Mekarjaya Parenggean, Jalan HM Arsyad, dan lainnya.

BACA JUGA:  SMP Negeri 9 Sampit Laksanakan P5, Pemilihan Umum Ketua OSIS

Sejumlah jalan di wilayah utara sangat urgen karena berkaitan dengan pengendalian harga.

Jika jalan lancar dan mulus dipercaya dapat memperlancar distribusi barang sehingga harga dapat bersaing.

Salah satu pengguna jalan Alois menyampaikan kondisi Jalan Kapten Mulyono memang agak sempit ditambah lagi truk-truk besar yang sering melintas.

“Ditambah lagi kondisi aspal rusak dan berlubang disejumlah titik,” ungkapnya.

(nardi)