Pj Bupati Kobar H. Budi Santosa: Catatan Buruk Pilkada 2010 Jangan Terulang Kembali

MAN/BERITA SAMPIT : Pj Bupati Kobar H.Budi Santosa, foto bersama Kapolres dan jajarannya didampingi unsur forkopimda Kobar, usai acara syukuran HUT Bhayangkara ke- 78.

PANGKALAN BUN – Penjabat (Pj) Bupati Kobar H. Budi Santosa mengatakan  Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pernah memiliki catat buruk dalam pelaksanaan Pilkada pada tahun 2010, kejadian tersebut jangan terulang Kembali.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati, saat pidato memberi sambutan pada acara syukuran, setelah Apel HUT BhayangkaraKe 78 dihalaman Kantor Bupati Senin, 1 Juli 2024.

“Diharapkan semua tokoh masyarakat dan tokoh adat serta seluruh element masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas, dan menjadi peserta pemilih yang terbaik, cerdas dalam Pilkada mendatang,“ kata H. Budi Santosa.

“Catatan buruk tahun 2010  itu jangan terulang kembali dan seluruh tokoh agar bersatu dan kompak, selain itu seluruh tokoh jangan memanas manasi dalam Pilkada serentak nanti. Semua orang boleh punya pilihan yang berbeda tetapi tetap jaga persatuan, sejarah buruk jangan terulang kembali, ” ujar Pj Bupati Kobar.

BACA JUGA:  Ini Cara KPU Kobar Melakukan ‘Coklit’ Jelang Pilkada 2024

“Selama Kabupaten Kobar masih dalam tanggung jawab tugas saya, tentunya saya bermohon kepada semua pihak untuk bisa mewujudkan pelaksaaan Pilkada di Kobar berjalan dengan situasi aman dan tentram,” sambungnya.

Pj Bupati juga mengakui bahwa tugas Polres Kobar dan jajarannya sangat berat untuk menjaga situasi dan kondisi yang aman sebelum dan pasca Pilkada Serentak, terutama dalam mewujudkan Indonesia Emas.

“Untuk itu mari kita dukung TNP-POLRI dalam tugas menertibkan keamanan pada Pilkada serentak nanti. Tolong khususnya kepada tokoh masyarakat dan tokoh adat serta warga masyarakat dimonitor betul, kalau ada gejala atau gelagat yang berpotensi rawan, langsung dilaporkan kepada yang berwajib TNI dan POLRI agar bisa segera diselesaikan secara persuasif,” tegas Pj. Bupati.

BACA JUGA:  Ketua KPU Kobar Chaidir Imbau Masyarakat Proaktif dalam Tahapan Pilkada

Pada acara syukuran HUT Bhayangkara ke- 78, Pj Bupati Kobar, mengatakan HUT Bhayangkara ke- 78 momen penting untuk memperkuat sinergi antara pemerintah daerah, aparat keamanan, dan masyarakat dalam menciptakan suasana yang kondusif menjelang Pilkada.

Dengan semangat Hari Bhayangkara, diharapkan semua pihak dapat bekerja sama untuk menjaga kedamaian dan ketertiban di Kabupaten Kobar, sehingga proses demokrasi dapat berjalan dengan lancar dan damai.

(man)