Pemerintah Mesti Ciptakan Iklim Usaha yang Kondusif untuk Pelaku UMKM

SYA'BAN/BERITASAMPIT - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah (Kalteng), Sengkon.

PALANGKA RAYA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah (Kalteng), Sengkon, meminta pemerintah daerah setempat untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal.

“Kita harus saling mendukung hal tersebut, karena UMKM di Kalteng berpotensi berdaya saing di pasar nasional dan internasional,” ujarnya, Kamis 4 Juli 2024.

Dikatakan Sengkon, satu kunci sukses dalam memasarkan produk UMKM lokal adalah kemitraan dengan pelaku usaha besar di dalam dan luar negeri.

BACA JUGA:  Sekwan Kota Palangka Raya: Aset di Gedung Lama Masih Digunakan untuk Gedung Baru

“Dengan adanya kemitraan, maka pemasaran produk UMKM lokal akan semakin terbuka dan mudah dikenal oleh masyarakat luas,” ungkapnya.

Selain itu, Sengkon menyebut dalam upaya meningkatkan pemasaran produk UMKM Kalteng, pemerintah daerah juga harus menjalin kemitraan dengan pelaku usaha besar di dalam dan luar negeri.

“Hal ini bisa membuka peluang bagi produk UMKM lokal untuk menembus pasar nasional dan internasional,” imbuhnya.

Ia membeberkan bahwa pemerintah dan masyarakat perlu bekerja sama untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM lokal.

BACA JUGA:  DPRD Seruyan Gelar Paripurna Pengesahan Beberapa Buah Raperda

“Salah satu upayanya adalah dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai produk UMKM lokal Kalteng serta memberikan dukungan dan apresiasi kepada pelaku UMKM lokal,” terangnya.

Sengkon juga menegaskan bahwa dengan melibatkan semua pihak, baik pemerintah, pelaku usaha, hingga masyarakat untuk memberikan dukungan terhadap produk UMKM lokal Kalteng.

“Dengan begitu, peluang pasar produk UMKM lokal semakin terbuka,” pungkasnya.

(Sya’ban)