Sambut Tahun Baru Islam, Masyarakat Lamandau Gelar Tradisi Pawai Obor dan Doa Akasah

ANDRE/BERITA SAMPIT : Ratusan masyarakat Lamandau merayakan tahun baru islam 1446 H dengan pawai obor dan doa akasah keliling desa.

NANGA BULIK – Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1446H, ratusan masyarakat Kabupaten Lamandau menggelar perayaan meriah dengan Pawai Obor dan Doa Akasah bersama.

PHBI Lamandau, M. Senudin, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk penyambutan yang sangat antusias dari masyarakat, komunitas pengajian, dan Organisasi Persatuan Orang Melayu (POM)

“Kehadiran pawai obor dan doa akasah keliling tidak hanya sebagai ritual tahunan, tetapi juga sebagai ungkapan syukur dan harapan untuk masa depan yang lebih baik,” ujarnya, Jumat 5 Juli 2024.

BACA JUGA:  Polres Lamandau Lakukan Penanaman Pohon, Pemberian Bibit Ketahanan Pangan, dan Beasiswa

Selain menjadi ajang pawai obor, perayaan tahun baru Islam ini juga diwarnai dengan doa akasah keliling, yang diharapkan dapat menjadi tradisi yang terus dilaksanakan setiap tahunnya.

Pj Bupati Lamandau, Lilis Suriani, turut mengungkapkan makna spiritual dari perayaan ini, yang mengajak umat untuk semakin kuat dalam membangun sumber daya manusia yang unggul.

BACA JUGA:  Pj Bupati Lamandau Dongeng Bersama Anak-Anak PAUD se-Kecamatan Bulik

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua peserta yang dengan semangat mengikuti pawai ini,” tambah Lilis.

Perayaan ini tidak hanya sebagai momen keagamaan, tetapi juga sebagai bentuk solidaritas dan kebersamaan dalam menjaga nilai-nilai keagamaan dan tradisi lokal.

(andre)