Bupati Minta Perusahaan Ikut Pelihara Jalan

    SAMPIT – Kerusakan jalan di Kabupaten Kotawaringin Timur cukup tinggi, sementara kemampuan anggaran daerah untuk memperbaikinya cukup terbatas. Bupati H Supian Hadi mengajak masyarakat, khususnya perusahaan untuk peduli dan ikut memelihara jalan yang ada di daerah ini.

    Tingginya aktivitas kendaraan berbobot besar, khususnya milik perusahaan, cukup tinggi padahal kapasitas jalan hanya sekitar delapan ton muatan sumbu terberat. Agar jalan tidak cepat rusak, perusahaan tidak membiarkan angkutan mereka membawa hasil produksi melebihi delapan ton.

    Supian mencontohkan, jalan yang baru dibangun di Desa Sebabi Kecamatan Telawang, yang menelan dana cukup besar hampir Rp 30 miliar. Sangat disayangkan jika jalan tersebut cepat rusak akibat tidak ada kepedulian pihak perusahaan dalam meperhatikan tonase angkutan mereka.

    “Saya berharap pada masyarakat Telawang, untuk menjaga bagaimana infrastruktur jalan yang kita buat ini benar-benar bisa dinikmati lama oleh masyarakat. Bagi perusahaan mohon diperhatikan berat kendaraannya, tonase dari jumlah angkutan akan berpengaruh bagaimana menjaga agar jalan tersebut tidak cepat rusak,” tegas Supian Hadi, Senin (9/3).

    Keinginan masyarakat Kecamatan Telawang terkait pembangunan jalan di jalur menuju Desa Sebabi sudah ditanggapi oleh pemerintah maupun DPRD yang mendukungnya. Hal ini dilakukan guna mendorong kemajuan perekonomian di wilayah Barat guna membantu kemajuan pembangunan Kotim lebih baik lagi kedepannya.

    Kecamatan Telawang yang merupakan wilayah perbatasan diwilayah bagian Barat Kotim, menjadi salah satu kecamatan pintu gerbang Kotim perekonomian Kotim. Apalagi ditambah dengan adanya pasar yang turut membantu perekonomian masyarakat di kecamatan tersebut untuk mendongkrak kesejahteraan mereka.

    “Kenapa saya berpikir adanya pasar di sini, saya ingin di kecamatan perbatasan di bagian barat ini bisa menjadi pintu gerbang ekonomi. Selama empat tahun ini bisa diwujudkan bersama-sama,” harapnya. (bro/090315/beritasampit.com)

    (Visited 12 times, 1 visits today)