OKP HAPAKAT : “Pemerintah Perlu Perhatikan Para Seniman Muda, Katingan Perlu Gedung Kesenian”

    KASONGAN-Potensi anak-anak muda Katingan tak perlu diragukan lagi, baik olah raga maupun seni budaya namun sayangnya kreatifitas tersebut masih terhalang infra struktur.

    Seperti yang di ungkapkan Nirwansyah Ketua umum Himpunan Pemuda Katingan (HAPAKAT) selama ini pelaku kesenian/sanggar seni tidak ada tempat khusus untuk berlatih seperti tari maupun kesenian lainnya bagi pemuda pemudi pencinta seni yang ada di Kabupaten Katingan.

    ‚Äč”Usulan buat pemda untuk dibangun gedung kesenian, dan di bentuk dewan kesenian Daerah,” Ujar Nirwansyah Ketua HAPAKAT. Selasa 07/03/2017.

    Dirinya mengatakan dengan adanya gedung kesenian tersebut berfungsi untuk menampung sanggar seni dan sebagai wadah penyelenggaraan kegiatan maupun acara yang berkaitan dengan kesenian. 

    “Selama ini kegiatan kesenian diselenggarakan di gedung yang bukan diperuntukkan untuk kesenian, sehingga fasilitas yang ada di gedung tersebut tidak sesuai dengan kegiatan kesenian,” Lanjutnya.

    Selain itu menurut Nirwansyah perlu ada di bentuk dewan kesenian daerah untuk mengelola berbagai macam kesenian. 

    “Sejauh ini dewan kesenian belum dibentuk, kalo pun dulunya pernah dibentuk tampaknya tidak berjalan karena tidak ada pergerakan,” tambahnya

    Organisasi Kepemudaan (OKP) HAPAKAT Kabupaten Katingan yang ia mimpin selama ini telah berhasil membentuk sanggar seni.

    “Alhamdulilah kami dari OKP kepemudaan Hapakat sudah membentuk sanggar seni tari kurang lebih 1 tahun, dengan jumlah anggota sanggar tari saat ini sekitar 60 orang yang aktif, mulai dari anak SD, SMP, SMA, Mahasiswa dan umum,” jelasnya.

    Dirinya juga menceritakan Selama ini meraka hanya berlatih di rumah-rumah pengurus Sanggar sehingga ruang geraknya agak sedikt sulit dan sempit karena rumahnya kecil, latihannya pun harus bergantian dan sedikit merepotkan pelatih.
    “Insya Allah dalam waktu dekat ini Hapakat akan menyelenggarakan event kesenian daerah dan berbagai hiburan kesenian lainnya” tuturnya.

    Sekedar informasi Event ini akan selenggarakan Se-Kalimantan Tenggah dan rencananya dilaksanakan pertengahan tahun 2017.
    (Kwt)

    Follow Berita Sampit di Google News