Memprihatinkan, SDN 1 Jemaras Butuh Bantuan Ratusan Meubelair

SAMPIT – Ada tiga ruang kelas di SDN 1 Jemaras, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), kondisinya sangat memprihatinkan. Bahkan, ratusan meja kursi (Meubelair) banyak yang rusak.

“Iya, selain bangunan fisik rusak parah termasuk meja kursi murid,” ucap Kepala SDN 1 Jemaras Andi Irwan Fahruzzain kepada wartawan media siber Berita Sampit saat bertandang ke SDN 1 Jemaras, Jumat 19 Agustus 2022.

Andi menjelaskan, rusaknya meubelair murid itu dikarenakan kayunya sudah lapuk dimakan usia, sedangkan pihak sekolah tidak ada dana untuk mengganti yang baru.

BACA JUGA:   SMP Negeri 9 Sampit Perlu Tambahan Pembangunan Ruang Kelas Baru

“Kami dari pihak sekolah hanya mampu memperbaiki sekadarnya dengan memanfaatkan kayu bekas namun tetap layak pakai, sebab, kami tidak ada dananya untuk ganti yang baru,” tegasnya.

Dia memperkirakan jumlah meubelair murid yang rusak ringan dan berat ratusan, diharapkan adanya bantuan dari dinas terkait untuk pengadaan meubelair tersebut.

“Menurut hitungan kami, jumlah yang diperlukan sekitar 60 meja ukuran panjang dan 120 kursi, karena satu meja untuk dua murid, selain itu, meubelair untuk guru yang mengajar di dalam ruangan kelas,” katanya.

BACA JUGA:   Gerakan Mahasiswa dan Masyarakat Kotim, Besok Turun ke Jalan Tolak Kenaikan BBM

Sebelumnya, Plt Disdik Kotim Susiawati menginformasikan bahwa pihaknya akan memperjuangkan anggaran untuk pengadaan meubelair melalui anggaran perubahan yang rencananya diadakan antara September dan Oktober mendatang. (ifin).