Walau Masuk Kemarau, Bulan Agustus Masih Berpotensi Hujan Ringan

SAMPIT – Berdasarkan analisis dinamika atmosfer, Kotawaringin Timur masih berpotensi mengalami hujan intensitas ringan hingga sedang pada bulan Agustus 2022.

Hal ini disampaikan perwakilan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kotim, Lyla, dalam rapat penetapan status siaga karhutla Kotim, Kamis, 18 Agustus 2022.

Lyla yang merupakan forecaster dan observer BMKG Kotim menyampaikan, berdasarkan analis curah hujan di bulan Agustus dasarian I, curah hujan di Kotim masuk kategori rendah hingga menengah dengan sifat hujan bawah normal hingga atas normal.

BACA JUGA:   Sebagian Besar Provinsi Berpeluang Diguyur Hujan Lebat

Sedangkan, rekap hotspot (titik panas) 1 Januari hingga 17 Agustus 2022 di Kotim sejumlah 136 titik panas, Mei terbanyak yaitu 44 titik, dan titik panas terbanyak terdapat di Kecamatan Telaga Antang sebanyak 32 titik panas.

“Juga terjadi peningkatan titik panas dari Juli ke Agustus karena masuk musim kemarau,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, pada awal musim kemarau 2022 di Kotim terjadi pada bulan Agustus dasarian I dengan puncak kemarau diperkirakan terjadi di bulan Agustus.

BACA JUGA:   Banjir Landa Desa Hanjalipan Kotim, 440 KK Terdampak

Indeks ENSO bulan Agustus 2022 sebesar minus 0,91 menunjukan La Nina lemah, artinya masih potensi terjadi awan hujan.

Prakiraan angin di ketinggian 3000ft tanggal 18 Agustus 2022 tidak terdapat konvergensi dan belokan angin di wilayah Kalteng, sehingga tidak signifikan dalam pembentukan awan hujan. Namun beberapa hari terakhir terdapat gangguan cuaca regional yang mempengaruhi cuaca di Kotim. (Nardi).