Tidak Hanya Serahkan Bantuan, Kodim Sampit Kerahkan Koramil dan Babinsa Siaga di Lokasi Banjir Tiga Kabupaten

IST / BERITA SAMPIT - Dandim 1015 Sampit Letkol Inf Abdul Hamid bersama Ketua Persit Kartika Candrakirana Cabang XLI Farah Nurdini Abdul Hamid dan BPBD Kabupaten Katingan turun meninjau lokasi banjir, Kamis 15 September 2022.

KASONGAN – Tidak hanya sekedar memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang alami banjir, Kodim 1015 Sampit juga mengerahkan personelnya di daerah yang terjadi banjir di tiga Kabupaten yang menjadi wilayahnya, yakni Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Katingan dan Seruyan.

Dandim 1015 Sampit Letkol Inf Abdul Hamid mengatakan, mereka secara serentak menyerahkan bantuan kepada desa yang mengalami banjir di delapan kecamatan yang tersebar di tiga kabupaten itu.

“Kodim 1015 Sampit mencakup tiga Kabupaten, yaitu Kotawaringin Timur, Seruyan, dan Katingan, dan diketahui ada delapan kecamatan di tiga kabupaten tersebut yang terdampak banjir, dan saya hari ini hadir di Korim dan Katingan,” kata Abdul Hamid, Kamis 15 September 2022.

BACA JUGA:   Belum Membuahkan Hasil, Upaya Pencarian Korban Tenggelam di DAS Katingan Terus Dilakukan

Abdul Hamid didampingi Ketua Persit Kartika Candrakirana Cabang Farah Nurdhini Abdul Hamid beserta Pengurus Persit, tidak hanya menyerahkan bantuan saja namun juga sekaligus meninjau lokasi-lokasi banjir.

Bersama instansi terkait mereka juga langsung mengecek kondisi warga, terutama mereka yang masih tetap memilih bertahan dikediamannya tersebut. Meski harus ikut berendam baginya tidak mengapa asal bisa langsung bertemu dengan warga dan mengetahui kondisi kesehatan warga saat itu.

“Apa yang kita lakukan ini juga merupakan perintah dari Angkatan Darat, TNI harus hadir di tengah masyarakat dan harus menjadi solusi di tengah kesulitan masyarakat, siap membantu pihak BPBD, tim medis, seperti membantu distribusi obat, pengungsian, dan dapur umum,” tegasnya.

BACA JUGA:   Belum Membuahkan Hasil, Upaya Pencarian Korban Tenggelam di DAS Katingan Terus Dilakukan

Abdul Hamid mengatakan para Anggota TNI juga selalu standby di tengah masyarakat terdampak banjir, bahkan anggota Babinsa dikerahkan untuk bersiaga di lokasi banjir tersebut.

“Kita sudah intruksikan agar Koramil dan Babinsa ada di tengah-tengah masyarakat,” pungkas pria melati dua dipundaknya itu.

Ditempat terpisah Kepala BPBD Katingan Roby mengucapkan terimakasih atas perhatian Kodim 1015 Sampit yang ikut membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir. Dia berharap dalam penanganan dampak banjir semua pihak bisa terlibat.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Katingan mengucapkan terima kasih atas kepedulian Kodim 1015 Sampit, penanganan banjir harus dilakukan semua pihak agar cepat teratasi, tidak ada waktu untuk menyalahkan. Mari kita saling bantu,” pungkasnya.

(nardi)