Disnakertranskop UKM Barito Utara Laksanakan Pelatihan Koperasi Modern dan Vokasional Rotan

Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara M Mastur saat menyampaikan laporan kegiatan pelatihan di Muara Teweh, Rabu (9/11/2022). ANTARA/HO-Dokumen Pribadi

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melaksanakan pelatihan transformasi digital untuk meningkatkan sumber daya manusia menuju koperasi modern dan pelatihan vokasional kerajinan berbahan dasar rotan.

“Pelatihan ini untuk membekali para peserta agar setelah mengikuti kegiatan ini mempunyai kompetensi, berwirausaha dan dapat menciptakan lapangan kerja. Menanggulangi dampak pasca COVID-19 dan dampak inflasi daerah serta mengurangi pengangguran di Kabupaten Barito Utara,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Disnakertranskop UKM) Barito Utara M Mastur di Muara Teweh, Rabu 9 November 2022.

Menurut Mastur, pelatihan transformasi digital menuju koperasi modern bagi pengurus koperasi di daerah ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pengurus atau pengelola koperasi tentang penerapan platform digital dalam pengelolaan koperasi dalam upaya menuju koperasi modern.

Untuk pelatihan vokasional kerajinan berbahan dasar rotan, kata dia, bagi pelaku usaha mikro dan kecil bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha mikro dan kecil dalam mengelola dan mengolah produk kerajinan berbahan dasar rotan.

BACA JUGA:   Bupati Barito Utara Minta Kades Anggarkan PAPBDes Untuk Pertanian

“Pelatihan diikuti 60 peserta dengan rincian 30 peserta pelatihan transformasi digital menuju koperasi modern bagi pengurus koperasi di Barito Utara dan 30 peserta pelatihan vokasional kerajinan berbahan dasar rotan bagi pelaku usaha mikro dan kecil,” kata Mastur.

Untuk narasumber dan pengajar berasal dari Dinas Koperasi dan UKM Kalteng, Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara, pengurus Dekopinda Kota Palangka Raya, dosen Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Palangka Raya dan praktisi kerajinan anyaman.

Bupati Barito Utara Nadalsyah melalui Asisten Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rakhmat Muratni mengatakan dua kegiatan pelatihan ini merupakan perwujudan dari salah satu program Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah RI melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kalteng bertujuan memperkuat produktivitas dan daya saing koperasi, usaha mikro dan kecil melalui kegiatan pelatihan.

“Peningkatan SDM dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, termasuk pelaku usaha koperasi, usaha mikro dan kecil melalui kegiatan pelatihan, hal ini selaras dengan visi dan misi Bupati Barito Utara periode 2018 – 2023 yaitu terwujudnya masyarakat Barito Utara yang religius, mandiri dan sejahtera melalui percepatan peningkatan pembangunan di bidang sumber daya manusia, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan,” jelas dia.

BACA JUGA:   KPU Barito Utara Lantik PPK dan Tanda Tangani Fakta Integritas

Penyelenggaraan pelatihan ini juga merupakan momen penting dalam membangun sinergi antara pemangku kepentingan di provinsi dan kabupaten dalam upaya memberdayakan koperasi, usaha mikro dan kecil di daerah kita dan kehadiran kita bersama-sama di tempat ini adalah wujud nyata komitmen dan bukti bahwa Pemprov Kalteng dan Pemkab Barito Utara.

“Semoga jalinan kerja sama ini dapat menjadi motivasi untuk memberikan keberpihakan yang berkesinambungan bagi pembangunan dan pengembangan Koperasi dan UKM, serta menjadi representasi yang baik dan stimulan bagi daerah lain untuk berpacu mengaktualkan komitmennya demi kemajuan dan kemandirian Koperasi dan UKM di daerah kita,” ucap Rakhmat membacakan sambutan bupati.

(ANTARA)

(Visited 16 times, 1 visits today)