Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja Pemkab Barito Utara Laksanakan Pelatihan Keterampilan

Kepala Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara Mastur menyerahkan secara sombolis peralatan pelatihan menjahit di Muara Teweh, Selasa (8/11/2022). ANTARA/HO-Dinas Nakertranskop UKM

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah melaksanakan tiga jenis pelatihan, yakni komputer desain grafis, menjahit pakaian, dan perbengkelan sepeda motor diikuti 48 peserta, untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja di daerah itu.

“Pelatihan ini diikuti 48 peserta terdiri dari pelatihan komputer desain grafis, pelatihan menjahit pakaian pria dan wanita dan pelatihan perbengkelan kendaraan roda dua, ketiga pelatihan itu masing-masing diikuti 16 peserta,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi, dan UKM Barito Utara M. Mastur di Muara Teweh, Selasa 8 November 2022.

Ia menjelaskan tujuan pelatihan membekali peserta agar memiliki kompetensi pengetahuan dan keterampilan di bidang komputer desain grafis, menjahit pakaian laki-laki atau perempuan, dan perbengkelan kendaraan roda dua.

“Menjadi tenaga kerja yang siap kerja dan siap pakai, mampu menciptakan lapangan kerja atau berwirausaha, sehingga dapat menjadi sumber pendapatan atau penghasilan, serta penanggulangan dampak inflasi dan pengangguran di Kabupaten Barito Utara,” katanya.

BACA JUGA:   HUT Ke-147 Desa Lemo II Momentum Mensyukuri Nikmat

Dia mengharapkan, para peserta pelatihan siap bekerja, berwirausaha, dan mencari peluang pekerjaan.

“Pelatihan ini dalam rangka kita menciptakan lapangan kerja, melalui berwirausaha, maupun kegiatan-kegiatan lainnya,” ucap dia.

Selain itu, kata dia, dengan pelatihan ini para peserta nantinya mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan keluarga sehingga inflasi di daerah tersebut dapat ditanggulangi.

Dia mengatakan pada Rabu (9/11), Disnakertrankop dan UKM Barito Utara bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kalteng melakukan dua pelatihan, yaitu digitalisasi koperasi menuju koperasi modern dan kerajinan berbahan dasar rotan.

“Kegiatan ini tidak hanya sebatas tiga kegiatan saja, akan tetapi terus dilakukan,” ujar Mastur.

Bupati Barito Utara Nadalsyah dalam sambutan tertulis kegiatan itu dibacakan Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rakhmat Muratni mengatakan pelatihan seperti ini, sebagai upaya memberikan pengetahuan dan keterampilan peserta yang nantinya sebagai pencari kerja untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha ataupun kemampuan dalam mencari pekerjaan.

BACA JUGA:   Smart Aviation Layani Penerbangan Perintis Muara Teweh-Palangka Raya

“Melihat peserta pelatihan ini didominasi para anak muda atau kaum milenial, kita ketahui bersama bahwa pemuda merupakan generasi milenial yaitu generasi yang lahir dalam rentang tahun 1990 hingga awal tahun 2000,” katanya.

Generasi ini, kata dia, tumbuh dan berkembang sekarang di zaman era yang canggih dengan kecepatan teknologi dan akses informasi yang mudah didapat melalui telepon pintar.

Generasi milenial, katanya, juga mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

“Sangat berbeda dengan generasi dahulu, baik dari segi semangat, motivasi, pekerjaan dan idealisme,” katanya.

(ANTARA)

(Visited 13 times, 1 visits today)