DPRD Minta Dinas Bantu Pemasaran Petani Tambak

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto.

KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menginstruksikan kepada Pemerintah Daerah melalui dinas terkaitnya agar bisa membantu memasarkan hasil perikanan, khususnya hasil panen para petani petani tambak yang ada di daerah setempat.

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto mengatakan, berdasarkan informasi yang telah diterima oleh sebagian masyarakat yang berprofesi sebagai petani tambak, kerap kali harga hasil penen mereka tidak stabil atau ada permainan dari para tengkulak.

Menurutnya, hal seperti ini tentu saja merugikan para petani tambak, mengingat mereka sangat menggantungkan hidupnya dari hasil panen tersebut, dan apabila harga tersebut dipermainkan oleh tengkulak dengan seenaknya, tentu akan sangat menyulitkan kondisi perekonomian para petani tersebut.

BACA JUGA:   Pemdes Diminta Tingkatkan PADes

“Khususnya untuk para petani tambak, karena saya dengar ada beberapa harga yang memang terkadang dipermainkan oleh tengkulak, sehingga membuat harga hasil panen itu tidak stabil, dan itu tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap petani tersebut yang memang menggantungkan hidup dari harga hasil panen mereka,” katanya, Minggu, 13 November 2022.

Maka dari itu, ia menginstruksikan kepada dinas terkait agar bisa memfasilitasi terekait dengan pemasaran hasil panen para petani tambak tersebut, entah itu melalui koperasi ataupun lain sebagainya.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Seruyan ini menambahkan, karena memang jika sudah ada harga yang telah dipermaikan atau diatur sesuka hati oleh para tengkulak, tentu akan sangat sulit meningkatkan kesejahteraan para petani tambak tersebut.

BACA JUGA:   Cegah Konflik Lahan, Masyarakat Diminta Beranikan Diri Buat SKT

“Kasihan sekali kalau harga itu sudah dipermainkan seenaknya oleh para tengkulak, ini juga menjadi salah satu kelemahan kita, karena saat ini mungkin masih belum ada koperasi yang memang bergerak dibidang pemasaran hasil perikanan khususnya petani tambak, dan saya harapkan kedepannya ini bisa ditindaklanjuti,” ungkapnya.

(Visited 8 times, 1 visits today)