Tradisi Pedang Pora Sambut Kapolres Gunung Mas yang Baru

M.Slh/BERITA SAMPIT - Acara pedang pora sambut Kapolres Gunung Mas.

KUALA KURUN – Prosesi Adat Dayak Potong Pantan dan tradisi Pedang Pora mewarnai penyambutan Kapolres Gunung Mas yang baru, AKBP Asep Bangbang Saputra beserta istri di Mapolres Gumas, Jumat 13 Januari 2023.

Para perwira Polres Gunung Mas  menyambut kehadiran Kapolres  yang baru dengan tradisi Pedang Pora. Dalam pelaksanaannya semua perwira berdiri tegak saling berhadapan di kanan kiri jalan masuk Mapolres, sambil menghunus pedang membentuk gapura.

Tradisi pedang pora dilakukan di pintu masuk sebagai ucapan selamat datang untuk Kapolres Gunung Mas yang baru AKBP Asep Bangbang Saputra dalam menggantikan Kapolres yang lama, AKBP Irwansah yang ditugaskan menjadi Kapolres Murung Raya. Di mana tradisi Pedang Pora merupakan suatu tradisi di tubuh Polri sebagai bentuk penghormatan kepada pimpinan.

Kapolres Gunung Mas beserta istrinya  kemudian berjalan perlahan melewati barisan perwira tersebut. Satu persatu pedang diangkat ke atas dengan disilangkan membentuk gerbang. Diiringi musik dan melangkah maju hingga melewati akhir barisan.

Selanjutnya dilakukan pengalungan bunga kepada Kapolres yang baru oleh Kapolres lama, juga pemberian buket bunga kepada istrinya oleh istri Kapolres lama. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan acara pisah sambut dengan seluruh personil Polres Gumas.

BACA JUGA:   Pemkab Gumas Gelar Rakordal dan Evaluasi Realisasi Pelaksanaan APBD Triwulan IV Tahun 2022

Kapolres Gunung Mas yang baru, AKBP Asep Bangbang Saputra mengucapkan terima kasih kepada Kapolres lama, AKBP Irwansah, yang telah menorehkan berbagai prestasi kinerja di Kabupaten Gunung Mas.

“Kami akan melanjutkan program-program yang telah beliau laksanakan sebelumnya, dimana nantinya jika ada perbaikan-perbaikan yang dilakukan kedepannya yang akan kami jalankan,” ungkap AKBP Asep Bangbang Saputra.

Lebih lanjut ia mengatakan akan terus berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan tugas dalam bentuk pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat, terutama dalam menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polres Gunung Mas.

”Dengan demikian, tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, sehingga roda pembangunan dan pemerintahan akan berjalan dengan baik,” tuturnya.

Selanjutnya, Polres Gunung Mas juga akan bersinergi dengan pemerintah kabupaten Gunung Mas, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh pemuda di wilayah Kabupaten Gunung untuk terus bersinegri dalam mewujudkan kondisitas yang aman, lancar dan damai di lingkup masyarakat

BACA JUGA:   Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022, Polres Gumas Pastikan Nataru Berjalan Aman dan Lancar

”Saya mohon kerjasama dan bantuannya dalam menjalankan amanah ini. Mari bersinergi untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Gunung  Mas” ucap AKBP Asep Bangbang Saputra.

Pada kesempatan itu juga, Kapolres Gunung Mas yang lama, AKBP Irwansah bersyukur selama satu tahun lima bulan bertugas di Kabupaten Gumas, program yang dicanangkan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diprogramkan oleh Kapolri.

“Itu dapat dilaksanakan dengan didukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas beserta Forkopimda. Mungkin masih ada program yang kami laksanakan, itu nanti akan dilanjutkan oleh kapolres yang baru,” ujarnya AKBP Irwansah.

Dirinya berharap kepada kapolres yang baru, agar terus meningkatkan kebersamaan serta menjalin kerjasama dan koordinasi dengan seluruh pihak, sehingga akan tercipta kamtibmas kondusif di wilayah Kabupaten Gunung Mas.

”Adanya kebersamaan yang baik itu akan mampu mewujudkan segalanya. Saya ingin kapolres yang baru tetap menjaga situasi kamtibmas untuk semakin baik kedepan,” tandasnya. (ale)

(Visited 12 times, 1 visits today)