Ini Jumlah Kursi DPRD Kalteng pada Pemilu 2024

RAHUL/BERITASAMPIT - Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim (dua dari kanan) bersama Jajaran Komisioner dalam acara Uji Publik Rancangan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kalteng pada Pemilu 2024, bertempat di Ballroom Hotel Best Western Palangka Raya, Kamis, 19 Januari 2023.

PALANGKA RAYA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Harmain Ibrahim menyampaikan penyusunan alokasi kursi dan daerah pemilihan untuk DPRD Provinsi dan DPR RI saat ini telah diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi.

“Kpu diberikan amanah untuk dapat menyusun alokasi kursi dan daerah pemilihan untuk di DPRD Provinsi dan DPR RI,” kata Harmain saat diwawancarai oleh awak media selepas kegiatan Uji Publik Rancangan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Pada Pemilu 2024, bertempat di Ballroom Hotel Best Western Palangka Raya, Kamis 19 Januari 2023.

Harmain mengatakan sebelumnya yang dapat melakukan hal tersebut hanya DPRD Kabupaten/Kota, namun setelah adanya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 80 tahun 2022, diamanahkan KPU Provinsi dan KPU RI menyusun dapil dan alokasi kursi.

“Kita sudah menyusun, yang diamanahkan oleh KPU RI kita melasanakan uji publik untuk mendapatkan masukan-masukan dari masyarakat terkait dapil tersebut,” jelasnya

BACA JUGA:   Intervensi dan Mitigasi Berhasil Kendalikan Inflasi di Kalteng

Jadi, lanjut Harmain setelah uji publik mengenai rancangan yang kita adakan pada hari ini, kita akan menampung dan akan mendiskusikan lagi bersama KPU RI.

Sementara itu, Komisioner KPU Kalteng Divisi Teknis, Sastriadi menjelaskan, uji publik yang dilaksanakan tersebut untuk memberikan gambaran mengenai pengajuan rancangan yang akan disampaikan ke KPU RI.

“Rancangan kita yang baru itu tentunya mengacu pada rancangan tahun 2019. Secara signifikan, pertambahan penduduk kita juga tidak mengubah komposisi yang ada. Sehingga kami mengajukan rancangan itu serupa dengan 2019,” jelasnya.

Alokasi kursi anggota DPRD Kalteng sendiri ditetapkan sebanyak 45 kursi. Dimana ini didasarkan pada pasca Perpu Nomor 1/2022 yang menyatakan, provinsi dengan jumlah penduduk 1-3 juta orang ditetapkan 45 kursi di DPRD.

Untuk diketahui juga, berdasarkan SK KPU 457/2022 ditetapkan jumlah penduduk di Provinsi Kalteng yang tersebar di 13 kabupaten dan satu kota sebanyak 2.672.790 jiwa. Maka jumlah kursi DPRD Kalteng adalah 45 kursi.

BACA JUGA:   Polda Kalteng Gelar Operasi Lilin Telabang

Sastriadi juga menjelaskan, untuk rancangan penataan dan penerapan alokasi kursi pada Pemilu 2024, wilayah Provinsi Kalteng dibagi menjadi lima dapil. Diantaranya adalah, dapil satu adalah Kabupaten Kotawaringin Barat sebanyak lima kursi, Kabupaten Sukamara satu kursi dan Kabupaten Lamandau dua kursi.

Dapil dua adalah Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak tujuh kursi dan Kabupaten Seruyan dua kursi. Dapil tiga adalah Kabupaten Barito Selatan sebanyak dua kursi, Kabupaten Barito Utara tiga kursi, Kabupaten Murung Raya dua kursi dan Kabupaten Barito Timur juga dua kursi.

Kemudian dapil empat adalah Kabupaten Katingan sebanyak tiga kursi, Kabupaten Gunung Mas dua kursi dan Kota Palangka Raya lima kursi. Serta dapil lima adalah Kabupaten Kapuas sebanyak tujuh kursi dan Kabupaten Pulang Pisau dua kursi.

“Kita nanti akan sampaikan hasil uji publik ini ke KPU RI, nanti akan diputuskan disana,” pungkas Sastriadi.

(rahul)

(Visited 15 times, 1 visits today)