Besarnya Anggaran Perjalanan Dinas DPRD Kotim Menuai Banyak Kritikan Masyarakat

NARDI/BERITA SAMPIT- Gedung anggota DPRD Kotawaringin Timur Jalan Jendral Sudirman Sampit.

SAMPIT – Sejumlah warga ramai mengomentari besarnya anggaran perjalanan dinas anggota DPRD Kotawaringin Timur pada tahun 2023. Bahkan baru saja memasuki tahun 2023 mereka sudah banyak melakukan kegiatan tersebut. Sehingga tidak heran banyak warga menyayangkan pos anggaran itu.

“Jika pergi keluar daerah menggunakan uang daerah harusnya pulang membawa hasil untuk daerah, jangan hanya berfoto selfie dan sambil ngobrol saja,” kata tokoh masyarakat di Kotim Muhammad Jais, Jumat 20 Januari 2023.

Jais juga berharap agar anggota dewan bisa turun ke kampung-kampung pedalaman mencari informasi dan pemikiran bagaimana cara membangun desa yang baik, mulai dari urusan admistrasi yang baik, atau bagaimana pengolahan keuangan. Hal tersebut tentunya lebih bermanfaat daripada menghambur uang daerah.

BACA JUGA:   Komisi III DPRD Kotim Kunjungi Dinas Pendidikan, Ada Apa? 

“Kita sangat menyayangkan jika uang daerah hanya jadi bancakan mereka, sementara kita saat ini butuh biaya untuk pembangunan,” tegas tokoh adat tersebut.

Sementara itu, akademisi di Kabupaten Kotim, Riduan Kesuma juga turut berkomentar dimana anggaran yang digunakan untuk perjalan dinas harus bisa dirasakan masyarakat manfaatnya. Menurutnya hasil perjalanan dinas adalah menggali atau meniru produk, harus dipresentasikan supaya kelihatan plus dan minusnya.

“Ilmu yang didapat syukur-syukur dipresentasikan di depan akademisi sekalian, agar masyarakat juga bisa memberi masukan untuk perbaikan kedepannya,” tegasnya.

Disisi lain kata dia, tidak ada perubahan dari DPRD Kotim dan baginya dulu hingga sekarang sama saja, besar anggaran tidak sebanding dengan kinerja mereka.

BACA JUGA:   Ketua Komisi I DPRD Kotim Desak Pemerintah Bersikap Tegas Pada PT BAS

Sementara itu anggota Komisi III DPRD Kotim, SP Lumban Gaol mengaku sangat mengapresiasi setiap masyarakat yang mau mengawasi wakil-wakil rakyat yang ada di kantor DPRD.

“Sehingga dengan demikian kami akan lebih serius menjalankan amanat dengan sebaik-baiknya,” ujar Gaol yang merupakan Ketua Fraksi Demokrat.

Dengan demikian tentu wakil rakyat akan semakin hati-hati dalam melaksanakan perjalanan dinas. Agar kegiatan yang dilakukan setiap anggota DPRD yang menggunakan uang rakyat itu bisa membawa hasil yang bermanfaat untuk daerah.

“Baik itu di dapil maupun sebagai harapan konstituennya, bahkan buat masyarakat Kotim secara menyeluruh,” tutup Gaol. (Nardi).

(Visited 91 times, 1 visits today)