Kades Damar Makmur Ingatkan PBS Secepatnya Perbaiki Akses Jalan

ANDREA IRAWAN/BERITA SAMPIT - Pihak Pemerintah Desa Damar Makmur bersama Pihak PBS PT HSL meninjau titik-titik lokasi jalan yang mengalami rusak parah.

SAMPIT –  Jalan merupakan infrastruktur penting penunjang segala aktivitas warga, kondisi jalan yang layak dan memberikan rasa nyaman penggunanya adalah keinginan semua masyarakat. Begitu juga harapan warga masyarakat Damar Makmur yang juga biasa disebut warga setempat “J2” nama lain dari Desa Damar Makmur yang ada di wilayah Kecamatann Tualan Hulu, Kabupaten Kotim.

Jalan poros menuju ibukota kecamatan yang melintasi Desa Damar Makmur, Mekar Sari dan Desa Luwuk Sampun ini mempunyai panjang sekitar 20 kilometer. Selain jalan dengan kondisi rusak parah desa ini juga masih belum teraliri listrik (PLN).

Di wilayah Kecamatan Tualan Hulu terdapat sebanyak 11 desa dan 3 desa diantaranya masih belum mendapatkan aliran listrik PLN yakni desa tersebut ialah Desa Tanjung Jorong, Desa Mekar Sari (J1) dan Desa Damar Makmur (J2) rencananya awal 2023 ini akan mendapatkan program pemerintah PLN mengalir sampai kepelosok negeri.

Kades Damar Makmur Edy Yusjasi Mura menerangkan seharusnya jalan poros ini sudah dilakukan perbaikan oleh PBS yang ada wilayah setempat sesuai dengan hasil yang telah dirapatkan bersama pada Nopember 2022 lalu karena dalam waktu dekat akan ada program pemerintah pusat pemasangan tiang listrik dari pihak PLN.

BACA JUGA:   Kantor Lama DPMPTSP Kotim Akan Dijadikan Kantor Dinas Ketahanan Pangan

“Maka dari itu kondisi jalan harus baik dan layak sebagai penunjang mobilisasi penunjang utama pemasangan tiang listrik agar bisa mengalir secara lancar”, ucap Edy panggilan akrabnya, Jumat 20 Januari 2023

Ia juga mengungkapkan saat Musrenbang Kecamatan di Aula Kecamatan Tualan Hulu juga sudah disampaikan bahwa jalan menuju kecamatan bukan hanya lewat Desa Sebungsu saja tapi juga dari arah Mentaya Kalang melintasi Desa Damar Makmur, Desa Mekar Sari dan Desa Luwuk Sampun mengusulkan di tahun anggaran 2024.

Selanjutnya Edy Yusjasi Mura juga menjelaskan, Desa Damar Makmur ini menjadi desa definitif pada Tahun 2003 sampai sekarang dan dulunya transmigrasi KUPT Damar Makmur (J2) sama juga Seperti Desa Mekar Sari (J1)

BACA JUGA:   Harga Isi Ulang Elpiji Melon di Sampit Capai Rp40 Ribu Per Tabung

“Kita saat ini bersyukur di Tahun 2023 ini kita mendapat realisasi program pemerintah mengalirkan listrik sampai ke desa kita yang rencananya mulai pengerjaannya bulan Februari 2023 nanti,” tutur Edy selaku Kades Damar Makmur itu.

“Saya berharap agar pemerintah daerah memperhatikan jalan, jembatan yang berada dijalan poros dari Desa Damar Makmur menuju Ibu Kota Kecamatan agar nantinya akses masyarakat jadi mudah dalam membawa hasil perkebunan menuju tempat pemasarannya,” tutur Edy.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kotim, khususnya Bupati dan Wakil Bupati serta Camat Tualan Hulu dan juga semua pihak yang telah ikut membantu menyukseskan terealisasi aliran listrik desa.

“Saya juga mengajak kepada semua lapisan masyarakat di Kecamatan Tualan Hulu pada umumnya dan khususnya warga Desa Damar Makmur untuk mendukung menyukseskan semua program pemerintah baik dari pusat, provinsi maupun dari daerah untuk percepatan kemajuan pembangunan kita bersama juga,” ucapnya.

(Andrea)

(Visited 17 times, 1 visits today)