309 Orang PPS Resmi Dilantik KPU Barito Utara

ISKANDAR/BERITA SAMPIT - Petugas PPS se-Kecamatan Lahei saat dilantik di gedung Serbaguna Lambang Batuah oleh KPU Barito Utara, Selasa 24 Januari 2023.

MUARA TEWEH- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Utara melantik 309 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilihan umum tahun 2024, sekaligus dirangkai dengan bimbingan teknis, Selasa 24 Januari 2023.

Pelantikan PPS dari sembilan kecamatan di Kabupaten yang berjuluk Iya Mulik Bengkang Turan itu, sebagian digabung dalam satu wilayah dan sebagiannya lagi di lantik di kecamatan masing-masing.

Seperti Kecamatan Teweh Tengah, Teweh Selatan, Teweh Baru dan Lahei Barat pelantikan berpusat di Gedung Balai Antang Muara Teweh, sedangkan Kecamatan Lahei, Gunung Timang, Montallat, Teweh Timur dan Gunung Purai di wilayah kecamatannya.

BACA JUGA:   Pemkab Barito Utara Beli 12 Unit Alat Berat Senilai Rp13,6 Miliar untuk Dukung Pelaksanaan Pembangunan

“Sesuai dengan petunjuk maupun arahan KPU RI, pelantikan dan bimbingan teknis badan Adhoc PPS semaksimal mungkin diupayakan terpusat dalam satu lokasi, namun ada kecamatan yang betul-betul tidak memungkinkan untuk di gabung diperbolehkan menyelenggarakan pelantikan dan bimbingan teknis di wilayah kecamatan tersebut,” kata Komisioner KPU Divisi Teknis Fakhruzzaini, saat membacakan sambutan Ketua KPU Barito Utara.

Dijelaskannya, hal itu berdasarkan pertimbangan tertentu yang berkembang pada saat rapat pleno KPU Barito Utara.

“Maka disepakati di wilayah Barito Utara pelantikan badan Adhoc PPS, yaitu menggabungkan empat kecamatan, sedangkan lima kecamatan lainnya pelantikan dilaksanakan di kecamatan masing-masing,” jelasnya.

BACA JUGA:   Seorang Wanita di Minimarket Delta Tersengat Listrik Tegangan 20 Ribu Volt

Dia juga menyampaikan pelantikan PPS se-Kabupaten Barito Utara, berjumlah 309 orang yang telah dinyatakan lulus melalui tahapan uji kemampuan, baik secara seleksi tertulis maupun wawancara.

“Juga telah diumumkan di ruang publik untuk mendapat masukan dan tanggapan, terutama berkenaan dengan rekam jejak yang bersangkutan, keberadaan badan Adhoc PPS sebanyak tiga orang di setiap desa/kelurahan,” tutupnya. (isk).

(Visited 35 times, 1 visits today)