Bawaslu Kotim Awasi Jalannya Rekruitmen Anggota PPS hingga Dilantik

NARDI/ BERITA SAMPIT- Ketua Bawaslu Kotim Muhammad Tohari saat hadir pada pelantikan anggota PPS

SAMPIT – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Muhammad Tohari menyampaikan apresiasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotim telah melaksanakan rangkaian proses rekruitmen anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Proses berjalan dengan baik dan lancar, kendala dapat ditangani KPU sehingga hari ini para anggota PPS bisa dilantik,” kata Tohari saat hadir dalam acara pelantikan anggota PPS, Selasa 23 Januari 2023.

Ia menyampaikan Bawaslu Kotim melakukan proses pengawasan saat proses perekrutan anggota PPS, dengan penekanan pada taat prosedur, keterwakilan perempuan, jumlah kuota dan persyaratan.

BACA JUGA:   Disperdagin Kotim Salurkan Beras Murah di Pasar Penyeimbang

“Empat poin tersebut yang dilakukan penekanan dari Bawaslu terkait pengawasan perekrutan anggota PPS,” imbuhnya.

Ia bersyukur tidak ada satupun laporan Panwascam (Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan) untuk anggota PPS yang disinyalir tidak memenuhi syarat, sehingga artinya semua anggota PPS sudah memenuhi persyaratan.

Panwascam sudah terbentuk di 17 kecamatan Kotim, dan Bawaslu Kotim saat ini melakukan proses rekruitmen Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan /Desa (PKD)

BACA JUGA:   Kemelut KONI Provinsi Kalteng Tak Berpengaruh Dengan Persiapan Porprov

“Terjadwal pada 5 – 6 Februari 2023 pelantikan PKD yang akan terkonsentrasi di masing-masing kecamatan,” ujarnya.

Ia menambahkan Pemilu 2024 nantinya harus diwaspadai kampanye hitam, politik sara atau pun sejenisnya, hal tersebut harus dicegah dengan melakukan koordinasi baik formal maupun non formal. (Nardi)

(Visited 13 times, 1 visits today)