Rektor UPR Dukung Program Kalimantan Hijau Sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru

RAHUL/BERITA SAMPIT - Rektor UPR, Prof. Dr. Ir. Salampak, MS saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan kuliah umum di Lantai 2 Aula Rahan Rektorat UPR, Jumat 10 Februari 2023.

PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Prof. Dr. Ir. Salampak, MS mendukung program-program dalam rangka mewujudkan Kalimantan Hijau melalui pendekatan ekonomi hijau sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru di Kalimantan.

Hal ini disampaikan Prof. Dr. Ir. Salampak, MS dalam kegiatan kolaborasi Bank Indonesia (BI) dengan Universitas Palangka Raya serta United Nations Sustainable Development Solution Network (UN SDSN) yang menggelar kuliah umum di Aula Rahan Lantai 2 Gedung Rektorat UPR.

Profesor Salampak dalam sambutannya menyampaikan apresiasi serta sambutan hangat kepada Prof. Wing Thye Woo, Prof. Mazlin Bin Mokhtar dan Prof. Leong Yeun Yoong yang sudah berkenan hadir di UPR.

“Universitas Palangka Raya sangat mendukung program-program dalam rangka mewujudkan Kalimantan Hijau melalui pendekatan ekonomi hijau sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru di Kalimantan,” kata Prof. Salampak.

Pola ilmiah pokok UPR sebagaimana yang tertuang dalam Statuta UPR, yaitu pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan arah pengembangan pada daerah rawa gambut tropika serta daerah aliran sungai dan lingkungannya.

Lebih lanjut Profesor Salampak menjelaskan, bahwa pola ilmiah ini mengarahkan semua pihak harus memberikan perhatian yang utuh untuk menjaga ekosistem lahan gambut melalui kegiatan penelitian, pengabdian dan kurikulum pembelajaran.

“Untuk mewujudkan pola ilmiah ini, kami mengharapkan kerjasama dalam pemberdayaan masyarakat di lahan gambut agar masyarakat bukan hanya menjadi perambah hutan dan lingkungan, tetapi menjadi penjaga hutan, penjaga sungai dan penjaga lahan gambut,” pungkasnya.

Untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Kalimantan, khususnya Kalimantan Tengah dengan memperkuat dinamika ekonomi, kemajuan sosial dan kelestarian lingkungan. (Rahul).

Follow Berita Sampit di Google News