Desa Maju Perlu Dukungan Pemerintah

HARDI/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng Kuwu Senilawati.

PALANGKA RAYA – Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng Kuwu Senilawati mengatakan, untuk menjadikan desa maju pastinya memerlukan dukungan pemerintah baik pusat maupun daerah.

Dia menjelaskan, memang pada dasarnya pemerintah terutama pusat telah menggelontorkan anggaran untuk desa yang disebut dana desa untuk menjalankan program serta pembangunan yang ada di setiap desa.

“Akan tetapi dana desa itu kegunaannya banyak dan tidak dapat mengcover semua aspek pembangunan di desa, jadi harus ada dukungan lain dari pemerintah agar desa bisa lebih cepat maju,” katanya melalui rilis yang diterima pada, Jumat, 24 Maret 2023.

BACA JUGA:  Fraksi NasDem DPRD Kalteng Dukung Penambahan Modal PT Bank Kalteng

Ia menambahkan, masih banyak desa di wilayah Kalteng yang tergolong tertinggal karena diakibatkan berbagai persoalan seperti tidak adanya jaringan listrik serta infrastruktur jalan dan jembatan yang memadai.

Maka dari itu, hal-hal tersebut tentunya memerlukan dukungan pemerintah untuk memperhatikannya dengan melakukan pemerataan pembangunan jaringan listrik serta jalan dan jembatan sehingga dapat menciptakan masyarakat yang sejahtera serta desa maju.

BACA JUGA:  RPJPD Kalteng 2025-2045 Harus Memperhatikan Kepentingan dan Aspirasi Masyarakat

“Ketika kita reses kerap kali menerima aspirasi masyarakat terkait pembangunan jaringan listrik dan infrastruktur. Oleh karenanya ini perlu mendapat perhatian dan dukungan pemerintah untuk merealisasikannya,” jelasnya.

Sehingga nanti ke depan tidak ada lagi desa tertinggal khususnya di Kalteng, karena memang jika hanya mengandalkan dana desa kemajuan suatu desa akan berjalan lambat, oleh karena itu, ia berharap pemerintah memperhatikan hal ini. (Hardi).