Desa Magantis Kelola Danau Menjadi Tempat Wisata

REDHA/BERITA SAMPIT - Kades Magantis, Tajri S. Pd saat diminta keterangan oleh Berita Sampit.

TAMIANG LAYANG – Desa Magantis mengelola danau menjadi tempat wisata di Kabupaten Barito Timur (Bartim). Kepala Desa, Tajri S. Pd mengatakan melalui musyawarah Desa Magantis, Kecamatan Dusun Timur, mulai membangun Danau Diaren menjadi tempat wisata.

“Desa sekarang sudah melakukan yang terbaik untuk pembuatan wisata namun tidak bisa maksimal karena kepentingan warga desa juga harus diutamakan seperti jalan menuju ladang dan perkebunan warga.” ujarnya, Rabu 29 Maret 2023.

Adapun fasilitas yang sudah dimiliki yakni pendopo istirahat, jalan titian di atas danau hingga jalan masuk yang perlu diperhatikan.

“Saat ini kita sudah membangun beberapa perencanaan yang sebelumnya diusulkan seperti, jalan melintasi Danau, pondok, dan jalan yang masih belum sempurna,” katanya

Adapun harapannya agar ke depan ada kesempatan untuk menjalin hubungan dengan pemerintah agar sinergi bersama warga Desa Magantis untuk menciptakan wisata pilihan warga Bartim.

“Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bisa berkerjasama dengan pihak desa agar wisata Danau Diaren menjadi pilihan warga Bartim untuk berlibur dan bersantai bersama keluarga, mengingat bahwa saat ini yang perlu di tambah iyalah fasilitas seperti, perahu wisata untuk menelusuri Danau, sampan dan perahu bebek atau sejenisnya,” tuturnya.

Seorang warga Desa Magantis sebelumnya mengatakan bahwa danau Diaren ini hanyalah tempat bagi warga mencari penghasilan yakni pencari ikan. “Dulu itu sebagai tempat pemancingan warga desa sekarang sudah dibangun tempat wisata,” ujarnya.

Pensiunan dari Dinas Pendidikan Bartim, Tajri pernah melakukan studi banding secara pribadi mendatangi wisata yang ada di Kalteng seperti Wisata Sebangau untuk bisa memberikan pengetahuan secara langsung lapangan. (Redha).