Disdik Seruyan Akan Fokus Lakukan Pemerataan Guru

AHMAD/BERITASAMPIT - Kepala Dinas Pendidikan Rusdi Hidayat pada saat ditemui di ruangannya Kamis 7 September 2023.

KUALA PEMBUANG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Seruyan akan berupaya untuk mewujudkan peningkatan pendidikan yang bermutu dan berkarakter serta pemerataan guru.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Rusdi Hidayat pada saat ditemui di ruangannya Kamis 7 September 2023. Menurutnya, terkait pemerataan guru sudah menjadi prioritas dari Disdik Kabupaten Seruyan.

Dikatakan Rusdi, pemerataan guru ini menjadi tantangan tersendiri bagi Disdik. Pasalnya, sejumlah wilayah di pelosok masih banyak yang mengeluhkan terkait kurangnya tenaga pendidik.

BACA JUGA:   Hari Otonomi Daerah Merupakan Momentum untuk Berikan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat

“Pemerataan guru itu hal utama, secara idealnya memang guru itu harus merata, karena di tempat kita ini satu sekolah itu PNS hanya satu, itu tantangan juga,” kata Rusdi.

Selain itu, mutu dan pendidikan karakter bisa berjalan dengan baik, ketika pemerataan guru berjalan. Oleh karenanya yang bisa dilakukan mengusulkan guru honorer bisa diangkat pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

BACA JUGA:   Pemkab Seruyan Gelar Apel Gabungan dan Halal Bi Halal dengan Pegawai

“Jadi kita berbicara ideal itu ada kondisi tertentu. Kalau perkiraan guru di Kabupaten Seruyan mencapai 1.800 orang, memang sebagian besar itu tenaga kontrak, PNS kita paling 1.200 orang dan itu memang kurang,” pungkasnya.