Mencegah DBD Tidak Hanya Dilakukan Pemerintah Saja

HARDI/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng Duwel Rawing.

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalimantan Tengah Duwel Rawing mengatakan, dalam upaya mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) diperlukan aksi nyata dari semua pihak. Terutama Pemda baik provinsi, kabupaten dan kota melalui instansi terkait supaya bisa menjalankan program tepat berdasarkan situasi terkini di lapangan misalnya melakukan fogging dan membagikan abate.

“Informasinya kasus DBD meningkat di Kalteng, jadi ini harus mendapat perhatian dari pemda, karena DBD ini sangat berbahaya bisa mengakibatkan kematian,” ucapnya, Selasa 21 November 2023.

BACA JUGA:   Pemda Diminta Prioritaskan Sarpras Pendidikan di Kalteng

Selain itu, sosialisasi atau edukasi mengenai penerapan hidup sehat serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan sekitar juga perlu dilakukan secara berkesinambungan.

Dalam hal menjalankan tugas mencegah DBD ini tidak hanya dilakukan pemerintah saja, tapi juga masyarakat secara umum dengan selalu menerapkan hidup sehat dan membersihkan lingkungan sekitar.

Diperlukan kerja sama dalam mencegah DBD ini, masyarakat juga harus bisa menjalankan hidup bersih dan sehat agar terhindar dari paparan penyakit tersebut.

BACA JUGA:   DPRD Provinsi Tutup Rapat Paripurna Masa Persidangan I Tahun 2024 dan Dilanjutkan Masa Persidangan II

“Jalankan 5M yaitu menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, dan menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah,” pungkasnya. (Hardi)