Pelayanan Kesehatan di Daerah Pedesaan Seringkali Terabaikan

LULUS/BERITA SAMPIT- Anggota DPRD Mura, Rabul Yakin

PURUK CAHU – Anggota DPRD Murung Raya, Rabul Yakin meminta Pemda Murung Raya untuk dapat memberikan perhatian khusus terhadap desa-desa yang tidak memiliki tenaga kesehatan (nakes). Sehingga langkah perlu diambil untuk meningkatkan akses layanan kesehatan di daerah pedesaan yang seringkali terabaikan.

“Banyak desa yang tidak memiliki dokter, perawat, atau tenaga medis lainnya. Ini menyebabkan masyarakat desa menghadapi kesulitan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” kata Rabul, Selasa 21 November 2023.

Ia mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan nakes di desa maka diperlukan solusi dari pemerintah seperti salah satunya mengalokasikan anggaran khusus untuk merekrut nakes dan memperbaiki fasilitas kesehatan di desa-desa terutama pelosok.

Selain itu, Pemda juga dapat mencanangkan program pelatihan bagi warga desa yang berminat menjadi petugas kesehatan sukarela dan hal ini perlu direspon guna meningkatkan akses kesehatan di wilayah pedesaan yang tidak memiliki nakes.

“Upaya untuk meningkatkan akses layanan kesehatan di desa yang tidak memiliki nakes merupakan langkah penting menuju pemenuhan hak kesehatan masyarakat pedesaan sehingga perhatian serta aspirasi masyarakat harus diprioritaskan,” tandasnya.

(Lulus)

Follow Berita Sampit di Google News