Dewan Dorong Pengembangan Sektor Pertanian di Desa

IST/BERITASAMPIT - Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seruyan M. Aswin memimpin Badan Musyawarah (Banmus) di ruang rapat serbaguna DPRD, Rabu 9 Agustus 2023.

KUALA PEMBUANG – Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, M Aswin menyarankan agar dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar bisa memfasilitasi penyediaan sarana pertanian di desanya masing-masing.

Menurutnya, hal ini tentunya juga bentuk dalam membantu para petani yang ada dengan memaksimalkan peran dari BUMDes itu sendiri. Pasalnya, mengingat juga sektor pertanian di desa-desa dinilai potensial untuk dikembangkan.

“Jadi maksud kami bahwa, selain sebagai salah satu sarana untuk menampung hasil produksi pertanian, BUMDes diharapkan mampu memfasilitasi penyediaan sarana dan prasarana pertanian khususnya bagi desa-desa yang memang potensial sektor pertaniannya,” katanya.

Lanjutnya sarana dan prasarana pertanian yang dimaksud yaitu meliputi banyak hal, mulai dari penyediaan pupuk pertanian maupun yang lainnya. Karena menurut dia, hak ini juga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kelangkaan pupuk yang ada di Kabupaten Seruyan pasca musim panen.

“Dengan demikian, maka perputaran perekonomian baik itu bagi BUMDes tersebut sampai dengan masyarakat petani yang ada di desa masing-masing akan meningkat. Sehingga peran BUMDes ini sendiri sangat penting untuk dimaksimalkan,” tandasnya.

Follow Berita Sampit di Google News