Perum Bulog Cabang Buntok Jamin Stok Beras Aman

DEDDY/BERITA SAMPIT - Kepala Perum Bulog Cabang Buntok Sutaryo (kiri), saat cek suplai beras yang datang.

BUNTOK – Perum Bulog Cabang Buntok Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menjamin untuk ketersediaan komoditi beras di daerah ini masih aman, yaitu sebanyak 800 ton lebih.

“Selaku penyedia komoditi bulog Buntok di tahun 2024 ini masih ada program dari pemerintah yakni bantuan pangan berupa beras untuk penerima manfaat,” kata Kepala Perum Bulog Cabang Buntok Sutaryo, Jumat 19 Januari 2023.

Dikatakannya, kalau untuk bantuan bencana banjir sudah diatur oleh pemerintah, jadi kalau tahun 2019 dari Kemensos ada bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

“Namun semenjak tahun 2024, CBP apabila ada bencana alam seperti banjir Pemerintah Daerah (Pemda) mengajukan langsung ke Badan Pangan Nasional (BPN) Pusat, dan ada persyaratan-persyaratan juga yang harus dipenuhi,”katanya.

Menurut Sutaryo, selain mengajukan ke BPN Pusat Pemda bisa juga mengajukan melalui Cadangan Pangan Daerah (CPD). “Dalam artian, pihak Pemda membeli beras ke Bulog dan di stok di bulog atau bisa disalurkan pada saat kejadian bencana alam,”jelasnya.

Terkait ketersediaan beras di Perum Bulog Cabang Buntok lanjutnya, saat ini masih aman bahkan, bahkan pada hari ini juga telah datang suplai beras sebanyak 250 ton.

“Untuk total keseluruhan stok beras 800 ton lebih, selain itu juga perum bulog cabang Buntok menyediakan komoditi lainnya seperti gula pasir, minyak goreng dan komoditi yang lainnya,”tukasnya. (Deddy)

Follow Berita Sampit di Google News