Transformasi Digital, Pemda Sukamara Ekspos Pelaksanaan MoU Dengan Pemprov Jabar

ENN/BERITA SAMPIT - Sekda Sukamara Rendy Lesmana saat memimpin ekspos pelaksanaan kerjasama antara Pemda Sukamara dengan Pemprov Jawa Barat.

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara menggelar ekspos pelaksanaan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemda Sukamara serta penjajakan di Kabupaten Sumedang untuk rencana kerjasama percepatan transformasi digital.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukamara, Rendy Lesmana saat memimpin rapat terkait pelaksanaan MoU tersebut mengatakan bahwa kerjasama tersebut merupakan bagian dari langkah Pemkab Sukamara untuk persiapan portal satu data dalam rangka transformasi digital dalam pelayanan publik.

Menurutnya, setelah dilaksanakan MoU dengan Pemprov Jabar maka dilanjutkan dengan penjajakan di Kabupaten Sumedang untuk rencana kerjasama percepatan transformasi digital, dimana Kabupaten Sumedang memiliki nilai atau kategori tinggi Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tingkat kabupaten secara nasional.

BACA JUGA:  Percepatan Penanganan Stunting Serentak di Sukamara Dilakukan Secara Maraton 

“Rasanya wajar kita untuk belajar ke Kabupaten Sumedang dalam rangka transformasi digital yang bisa kita jalankan di Kabupaten Sukamara,” kata Rendy Lesmana usai memimpin ekspos, Selasa 27 Februari 2024.

Rendy menerangkan jika SPBE merupakan upaya untuk penguatan reformasi birokrasi, zona integritas kemudian penguatan untuk pelayanan publik termasuk juga untuk pengelolaan keuangan dimana selama ini Kabupaten Sukamara dapat mempertahankan opini WTP selama 12 kali berturut-turut.

BACA JUGA:  Pemkab Sukamara Gelar Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria 

“Sehingga ini menjadi dasar kami untuk menguatkan pelayanan digital secara keseluruhan,” ucap Rendy Lesmana.

Dalam kesempatan itu, Rendy Lesmana mengungkapkan jika hal yang harus disiapkan adalah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) talenta digital yang merupakan komponen penting dalam akselerasi transformasi digital.

“Saya juga sudah ingatkan dalam rapat tadi langkah yang harus diambil adalah mempersiapkan SDM talenta digital,” tukas Rendy Lesmana. (enn)