Pemkab Kotim Gelontorkan Rp1,7 Miliar untuk Beasiswa Gerbang Mentaya, Begini Alur Jelasnya

IST/BERITASAMPIT - Pendaftaran beasiswa Gerbang Mentaya tahun 2024.

PALANGKA RAYA – Pendaftaran beasiswa Gerbang Mentaya (GM) masih dibuka sampai dengan 15 Mei 2024, beasiswa ini tidak hanya untuk mahasiswa namun pelajar juga bisa mendaftarkan diri.

Bagian Pelaksana Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Komang Supatmi menyampaikan beasiswa Gerbang Mentaya diperuntukkan bagi mahasiswa dan siswa yang berasal dari Kotim.

“Dengan melengkapi persyaratan yang diperlukan, asli dari Kotawaringin Timur dengan melampirkan Kartu Tanda Pengenal (KTP),” kata Komang kepada Berita Sampit, Selasa 16 April 2024.

“Dan untuk rekening pendaftar beasiswa Gerbang Mentaya menggunakan rekening Bank Kalteng, wajib atas nama yang bersangkutan dan tentunya harus aktif,” sambungnya.

BACA JUGA:   Refky Fadhilah Akbar, Siswa SDN 1 Baamang Barat Juara Lomba Puisi Bahasa Dayak Nganjuk Tingkat Provinsi

Lebih lanjut, Komang menyebutkan jumlah yang mendaftar beasiswa Gerbang Mentaya saat ini, “Masing-masing kategori bervariasi untuk yang mendaftar disistem selalu bertambah setiap waktu, untuk saat ini sementara kurang lebih 25 persen dari kuota yang sudah mendaftar,” imbuhnya.

Selain itu, dirinya mengatakan kategori beasiswa Gerbang Mentaya dan berapa banyak koutanya.

“Ada empat kategori, kategori kurang mampu 400 orang, kategori tahap akhir 120 orang, kategori prestasi akademik kuota menyesuaikan anggaran karena nilai bervariasi,” jelasnya.

“Dan kategori prestasi non akademik kuota juga menyesuaikan anggaran karena nilai bervariasi mulai dari tingkat pelajar sampai mahasiswa serta prestasi yang diraih,” lanjutnya.

BACA JUGA:   PKB Beri Sinyal Bangun Koalisi dengan PAN dan Demokrat

Komang menjelaskan, anggaran untuk beasiswa Gerbang Mentaya pada tahun 2024 sejumlah Rp1,7 miliar dan nominal sesuai kategori.

“Kategori kurang mampu dari Rp1.500.000 sampai Rp3.000.000, kategori tahap akhir Rp2.500.000, kategori prestasi akademik dari Rp1.500.000 sampai Rp1.750.000 dan kategori prestasi non akademik dari Rp750.000 sampai Rp2.750.000,” pungkas Komang.

Dirinya mempersilahkan bagi mahasiswa dan pelajar Kabupaten Kotawaringin Timur untuk mendaftar dan lengkapi berkas yang ada dipersyaratan.

(Sya’ban)