Beredar Chat Percakapan Cawe-Cawe Oknum KNPI Mau Atur Petugas PPK di Tiap Kecamatan di Kotim

IST/BERITASAMPIT - Tangkapan layar percakapan sejenis oknum KNPI Kotim terkait perekrutan petugas PPK.

SAMPIT – Beredar tangkapan layar chat adanya komunikasi di sebuah grup yang bertuliskan KNPI Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) membahas pemuda yang masuk anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Dalam grup sudah terlihat adanya list bagi yang ingin daftar PPK unsur pemuda, mereka mengisi nama dan kecamatan untuk bertugas,” kata salah satu anggota grup, Kamis 25 April 2024.

Dalam tanggapan layar itu juga terlihat salah satu kontak mengintruksikan agar list dipercepat sehingga bisa dipantau dan diamankan.

BACA JUGA:   Identifikasi Investasi di Kalteng penting dalam Pengembangan Strategi promosi Menjadikan Hukum sebagai Garda Terdepan

“Bisa dipercepat listnya yang daftar lah biar kita bisa pantau dan amankan, jangan lupa segera lengkapi persyaratannya,” tulis salah satu kontak di grup tersebut.

Belum diketahui makna dari dipantau dan diamankan apa yang dimaksudkan. Namun sejumlah anggota grup sudah ada yang menyetor nama-nama yang akan ikut seleksi PPK untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah di Kotawaringin Timur.

Diketahui bahwa 2024 merupakan tahun politik, sudah dilaksanakan Pemiliham Legislatif pada Februari 2024 lalu dan kemudian Pemilihan Kepala Daerah pada November 2024 nanti.

BACA JUGA:   Bejat! Seorang Ayah di Kotim Perkosa Anak Kandung, Kini Ditangkap Polisi

KPU Kotim membuka rekruitmen 85 anggota PPK dan 555 anggota PPS untuk Pilkada 2024, dimulai perekrutan PPK pada 23-29 April 2024, dan PPS 2-8 Mei 2024.

Ketua KPU Kotim M Rifqi menyampaikan perekrutan PPK dan PPS ini bertujuan untuk memastikan terlaksananya proses demokrasi dengan lancar.

Adapun, tugas dari PPK antara lain melaksanakan tahapan pemilihan, penerimaan dan pengumuman pendaftaran pemilih, rekapitulasi hasil penghitungan suara, evaluasi dan pelaporan, sosialisasi dan pelaksanaan tugas lainnya.

(Nardi)