Festival Budaya Isen Mulang 2024 Membantu Promosikan Kearifan Lokal

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua 1 DPRD Gunung Mas.

KUALA KURUN – Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang digelar dalam rangka merayakan HUT ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah mendapat dukungan dari Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Gunung Mas, Binartha. Menurutnya, kegiatan festival ini penting untuk memperkenalkan berbagai kearifan lokal kepada masyarakat.

“Saya berharap, kontingen asal Kabupaten Gunung Mas dapat ikut serta dalam festival. Selain mengikuti beragam lomba, peserta juga dapat mengenali dan mempelajari lebih dalam kearifan lokal yang dimiliki oleh Kabupaten Gunung Mas,” ungkapnya belum lama ini.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Gunung Mas Apresiasi Program Pasar Murah Pemprov Kalteng

Selain itu, Binartha berharap bahwa FBIM sebagai festival budaya dapat terus dikembangkan dan dipertahankan. Seiring dengan perkembangan zaman, kearifan lokal dan budaya menjadi identitas daerah.

“Oleh karena itu, penting untuk terus melestarikan kebudayaan dan kearifan lokal yang dimiliki oleh daerah, terutama di Kabupaten Gumas dan umumnya di Provinsi Kalimantan Tengah,” bebernya.

Festival Budaya Isen Mulang merupakan ajang yang penting untuk memperkenalkan kebudayaan dan kearifan lokal kepada masyarakat. Melalui festival ini, masyarakat dapat lebih mengenal dan memahami keunikan dan keragaman budaya yang dimiliki oleh daerah. Selain itu, festival ini juga dapat membantu meningkatkan ekonomi lokal melalui pariwisata budaya.

BACA JUGA:   Pemkab Gumas Resmi Gedung Perpustakaan Umum Daerah, Dewan: Wadah Belajar bagi Masyarakat

Dalam mempertahankan dan mengembangkan festival budaya seperti FBIM, perlu dukungan dari pemerintah dan masyarakat. Dibutuhkan sinergi yang kuat antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku industri kreatif untuk terus melestarikan kebudayaan dan mempromosikan kearifan lokal,” tutup Binartha.

(Ale)