Wagub Kalteng: Hendaknya Gerdayak Dapat Menjadi Pelopor Pembangunan

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo.

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menghadiri Peringatan Ulang Tahun ke-12 Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) sekaligus membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Gerdayak Indonesia Tahun 2022. Acara dihadiri secara terpusat dari Betang Hapakat Jalan Rta. Milono Palangka Raya, Sabtu 28 Mei 2022.

Edy Pratowo menyampaikan Gerdayak Indonesia adalah organisasi besar dan telah memiliki kepengurusan hampir di seluruh provinsi di Kalimantan. Organisasi Gerdayak, menjadi wadah dari pemuda Dayak yang mengedepankan filosofi Huma Betang guna mengimplementasikan ide dan pemikiran positif.

“Hendaknya Gerdayak dapat menjadi pelopor pembangunan di tanah air, terutama di bumi Kalteng dan Kalimantan pada umumnya, serta dapat mendukung segala kebijakan pemerintah di semua bidang,” kata Edy Pratowo

Terlebih, lanjut Edy, di tengah keberagaman masyarakat yang ada di Indonesia dan Kalimantan pada khususnya, Gerdayak harus menjadi organisasi yang berintegritas dan memiliki daya saing, sehingga dapat menjadi wadah bagi para pemuda Dayak agar mampu berkompetisi di segala bidang. Terutama dalam menyikapi perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kaltim, serta Program Strategis Nasional yang berjalan di Kalteng yang tentunya akan berdampak pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kalteng.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Upayakan Layanan Internet Jangkau Seluruh Desa

“Di usia yang genap 12 tahun ini, Saya berharap segenap pengurus dan anggota Gerdayak Indonesia mampu membangun secara harmonis dan demokratis, dengan tetap menjunjung tinggi semangat kebersamaan, serta peka dengan keadaan sekitar dan turut serta menjaga kerukunan dan berkontribusi dalam pembangunan daerah yang sejahtera di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Edy mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Rapimnas Gerdayak Indonesia Tahun 2022 ini, karena kegiatan ini merupakan langkah positif dalam menyatukan persepsi dan pemahaman tentang tanggung jawab Gerdayak Indonesia, yang kemudian diharapkan mampu menetapkan berbagai hal strategis untuk menyatukan langkah dalam partisipasi pembangunan Nasional di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BACA JUGA:   BPS Kalteng Catat Juni 2022 Palangka Raya dan Sampit Kembali Alami Inflasi

Dimana hal tersebut selaras dengan Tema yang diusung pada Rapimnas ini, yaitu “Dengan Semangat Nasionalisme dan Jiwa Patriotisme, Gerdayak Indonesia Mendukung ditetapkannya Ibu Kota Negara Nusantara di Kaltim” dengan Sub Tema “Melalui Momentum Peringatan Ulang Tahun ke-12 dan Rapimnas, Gerdayak Indonesia Bertekad Berjuang untuk Terwujudnya Masyarakat Dayak yang Sejahtera, Berkarakter, Bermartabat, dan Berkeadilan, serta Menjunjung Tinggi Falsafah Budaya Betang”.

“Saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-12 Gerdayak Indonesia, dan Selamat melaksanakan Rapimnas Gerdayak Indonesia tahun 2022, selalu rawat semangat kebangsaan, junjung tinggi perdamaian dan anti kekerasan, serta bertoleransi yang tinggi antar umat beragama dalam bingkai NKRI,” tandasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).