Kembangkan Budidaya Perikanan di DAS Seruyan

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo

KUALA PEMBUANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Zuli Eko Prasetyo meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkaitnya, untuk membantu masyarakat yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS) Seruyan dalam pengembangan budidaya perikanan.

Karena menurutnya, masyarakat yang tinggal di sepanjangan bantaran sungai tersebut sangat banyak yang berprofesi sebagai nelayan termasuk salah satunya adalah nelayan budidaya.

“Kitakan bisa lihat sendiri, banyak dari mereka yang mengembangkan budidaya perikanan menggunakan keramba di sepanjang aliran sungai itu. Karena memang salah satu potensi alam yang dapat dimanfaatkan di bantaran sungai itu adalah dari segi perikanannya, termasuk budidaya,” katanya, Sabtu 11 Juni 2022.

BACA JUGA:   Seruyan Masih Membutuhkan Tenaga Honorer

Dijelaskannya, hal yang bisa dilakukan oleh perangkat daerah terkait adalah melakukan pembinaan dan pemberdayaan terhadap mereka yang menggeluti usaha budidaya perikanan tersebut. Pembinaan sendiri bisa berbentuk penyuluhan, sosialisasi dan lain sebagainya.

“Yang mana ini dimaksudkan agar mereka mempunyai pengetahuan tentang bagaimana caranya meningkatkan hasil produksi. Tata caranya perawatannya, pemberian pakan dan lain-lain. Itu penting dilakukan,” ujarnya.

BACA JUGA:   Persiapan Pembahasan Raperda, Dewan Minta Pemkab Hadirkan Orang Yang Menguasai

Selanjutnya, yang tidak kalah penting adalah memberikan dukungan berupa fisik kepada masyarakat nelayan budidaya tersebut. “Itu berupa bantuan-bantuan untuk mendukung aktivitas profesi mereka, seperti keramba, bibit serta pakan ikan. Hal ini dimaksudkan agar hasil panen mereka maksimal dan menjadi penopang dalam peningkatan perekonomian masyarakat,” jelasnya.