Polres Barito Timur Siap Bantu Pemkab Tangani Banjir

Kapolres Barito Timur didampingi personel TNI, BPBD dan instansi lainnya melihat sarana dan prasarana penanggulangan karhutla saat Apel Sarana dan Prasarana (Sarpras) Siaga Bencana di Tamiang Layang, Selasa (18/10/2022). ANTARA/HO-Polres Bartim

TAMIANG LAYANG – Kepolres Barito Timur, Kalimantan Tengah, AKBP Viddy Dasmasela menyatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan berbagai hal dalam membantu pemerintah kabupaten menghadapi sekaligus menanggulangi bencana banjir, yang kemungkinan terjadi ketika intensitas curah hujan tinggi.

“Tidak hanya banjir saja, kami juga mempersiapkan berbagai hal jika terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), bahkan tanah longsor,” kata Viddy di Tamiang Layang, Selasa 18 Oktober 2022.

Dikatakan, diperlukan kesamaan persepsi dalam menanggulangi bencana. Selain itu, kata dia, diperlukan juga keterlibatan instansi lainnya seperti TNI, BPBD dan Damkar Barito Timur, serta pihak perusahaan dan relawan-relawan.

Viddy mengatakan, khusus daerah rawan terdampak bencana banjir dan karhutla sudah terpetakan. Pemangku kepentingan diharapkan ikut berpartisipasi jika terjadi bencana banjir dan karhutla.

BACA JUGA:   Barito Timur Alokasikan Rp2,2 Miliar untuk Program Sawit Masyarakat

“Sangat diperlukan kesiapan dari semua pemangku kepentingan dalam menanggulangi bencana setiap saat apabila ada bencana yang menimpa di Kabupaten Barito Timur,” ucapnya.

Menurut dia, kesiapan sarana dan prasarana perlu disiapkan dan disiagakan jika terjadi bencana, lebih baik siap walaupun sarana dan prasarana yang dimiliki tidak digunakan daripada tidak siap ketika hendak digunakan atau saat terjadi bencana.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD Damkar) Barito Timur, Ahmad Gazali melalui Kabid Kesiapsiagaan Bencana, Erec mengatakan pihaknya selalu memberikan informasi ke masyarakat jika ada informasi terkait iklim cuaca yang berpotensi terjadi kebencanaan.

BACA JUGA:   Pemkab Bartim Tindaklanjuti SE terkait Larangan Obat Sirop

“Informasi disampaikan berjenjang melalui media sosial dan whatsapp group hingga ke desa-desa,” katanya.

Menurutnya, informasi iklim cuaca yang disampaikan itu pada umumnya dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) jika berkaitan curah hujan tinggi yang bisa menyebabkan air sungai meluap dan berpotensi terjadinya banjir.

“Jika terjadi bencana seperti banjir maka BPBD Damkar Barito Timur akan menurunkan tim untuk penanggulangan bencana ke lapangan,” demikian Erec.

(ANTARA)

(Visited 26 times, 1 visits today)