Disporbudpar Katingan Dorong Pemuda Berwirausaha

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Pransang bersama Kadis Disporbudpar Katingan Risnaduar beserta jajaranan dan para pemateri serta peserta foto bersama dikegiatan pelatihan kewirausahaan pemuda.

KASONGAN – Dinas Kebudayaan, Periwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispobudpar) Kabupaten Katingan menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan pemuda di Aula Badan Keuangan dan Aset Daerah Katingan selama dua hari dari tanggal 8-9 November 2022.

Kegiatan yang diikuti oleh 30 orang pemuda perwakilan 6 (enam) Kecamatan yang ada di Katingan tersebut merupakan para pemuda yang telah merintis usaha dan berkeinginan untuk menumbuhkan kembangkan usaha tersebut. Selasa 8 November 2022.

Narasumber terdiri dari Trainer SAS Management Heru Hidayat, ST, M.Pd yang memberikan motivasi bagi para pemuda untuk berani memulai dan meningkatkan kapasitas serta berinovasi dalam memulai usaha.

Selama 1 jam alumni TOT Lemhannas RI ini memberikan semangat dan tips untuk bisa membaca peluang yang ada disekitarnya dan mengoptimalkan potensi diri dan senantiasa berkolaborasi dengan banyak pihak untuk mengembangkan setiap usaha yang telah dirintisnya.

BACA JUGA:   KSPSI Dukung Omnibus Law dan UMK Kalteng¬†

Sementara narasumber lainnya yaitu Muhammad Asary, S.Si, MM yang memberikan wawasan mengenai digital marketing, untuk bisa mendukung usaha yang telah ada serta Raya Sadianor, S.Sos pemuda pelopor Kabupaten Katingan yang kini merambah usaha kopi.

Dalam Sambutannya Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Katingan Pransang memberikan arahan agar pemuda memiliki inisiatif untuk membekali diri dan mampu memiliki keterampilan dalam menghadapi tantangan sehingga menjadi pemuda yang kreatif dan tangguh.

“Kegiatan positif seperti ini harus kita gencarakan. Semoga kegiatan ini terus dilakukan dan diperluas untuk 13 Kecamatan se-Katingan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Kadis Disporbudpar Katingan Risnaduar mengatakan pihaknya akan berupaya melakukan pembinaan terhadap generasi muda. Terlebih pengembangan anak-anak muda di bidang usaha yang berbasis kearifan lokal. Pihaknya akan terus berupaya melakun pengembangan para generasi pemuda di Katingan.

BACA JUGA:   Warga Curhat ke DPRD Katingan Soal pasien BPJS Dipulangkan dari Rumah Sakit Sebelum Sembuh

Kegiatan ini pun direspon positif oleh para pemuda yang mulai mengembangkan usahanya, seperti yang diungkapan Muhammad Iqbal Nawawi pelaku UMKM itu merasa terbantu dengan kegiatan yang di gelar Disporbudpar Katingan. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat dalam membuka cara berfikir anak muda dalam menjalankan usahanya.

“Harapan kami selaku pemuda, harus ada ruang seperti ini untuk meningkatkan kapasitas diri. Apalagi nanti kalo ada bantuan untuk pengembangan usaha tentu sangat berguna bagi kami,” harapnya.

(Kawit)

(Visited 143 times, 1 visits today)