Bantuan Listrik Tenaga Surya untuk Warga Desa Pundu Menuai Keluhan 

CANDRA TOBING/BERITA SAMPIT - Listrik dari Tenaga Surya bantuan Pemerintah Desa Pundu kepada 14 orang warga.

SAMPIT – Proyek sarana dan prasarana energi alternatif desa berupa listrik tenaga surya di Desa Pundu, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur dikeluhkan warga yang menerima.

Program itu sendiri direalisasikan oleh Pemerintah Desa Pundu, yang menelan dana Rp61.863.125 untuk RT 20 dan  Rp61.863.125 untuk RT 12 di mana bantuan listrik tenaga Surya ini diberikan kepada warga pada akhir Desember 2022 lalu.

Bantuan tersebut diterima warga sebanyak tujuh unit untuk RT 20 Tasik Karandang dan  tujuh unit untuk RT 12 Tumbang Serawak, Desa Pundu.

BACA JUGA:   Aktivitas Pelangsiran Solar di SPBU Pelantaran Ganggu Pengguna Jalan

Saat Berita Sampit menemui warga penerima bantuan listrik tenaga Surya ini banyak yang di keluhkan oleh warga, terutama dalam hal pemasangan alat tersebut, mulai dari tidak lengkapnya paket yang dibagikan berupa tiang untuk panel tenaga Surya, kabel serta lampunya.

Menurut warga mereka cuma diserahkan, namun tidak adanya teknisi untuk pemasangan sehingga sempat membuat warga penerima kebingungan.

“Kami menerima alat tersebut seadanya, tiang untuk panelnya tidak ada, karena alasan mereka (Pemdes) pipanya akan menyusul kemudian karena belum tersedia, dan juga untuk pemasangan diserahkan kepada kami,” kata Dono, ketua RT 20, Kamis 12 Januari 2023.

BACA JUGA:   TPP Tak Kunjung Cair, ASN Guru Kotim Menjerit

Pemdes kata dia beralasan teknisinya lagi sakit, kalau mau pasang sendiri mereka dipersilahkan.

“Katanya silahkan pasang sendiri nanti diganti ongkos rokoknya,” ucap Dono.

Proyek pengerjaan tersebut juga menurut ketua RT ini beberapa kali di tunda, mulai dari tahun anggaran 2020, mundur lagi ke tahun 2021 dan terealisasi pada bulan Desember 2022 lalu. (Tobing)

(Visited 57 times, 1 visits today)