Kekurangan Pengawas Sekolah, DPRD Minta Disdik Beri Perhatian Khusus

    Anggota DPRD Seruyan Argiansyah

    KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Dinas Pendidikan agar bisa memperhatikan terkait kurangnya tenaga pengawas sekolah yang ada di wilayah setempat.

    Anggota DPRD Seruyan Argiansyah menyebut, tenaga pengawas dinilai mempunyai peran sangat penting bagi dunia pendidikan itu sendiri.

    Dia mengatakan, jumlah tenaga pengawas yang berada di Kabupaten Seruyan sendiri saat ini tidak sebanding dengan jumlah sekolah dan guru, sehingga diperlukan langkah Disdik dalam menyikapi kurangnya tenaga pengawas ini.

    “Kita kekurangan tenaga pengawas, seperti yang disampaikan SMP kita ada 47 sekolah, sedangkan pengawasnya hanya ada empat orang, betapa sedikitnya tenaga pengawas,” ujar Argiansyah, Jumat 17 Maret 2023.

    Dengan terbatasnya jumlah tenaga pengawas hanya empat orang ini tentunya tidak akan bisa maksimal melakukan pengawasan terhadap seluruh guru dan sekolah.

    “Sementara kita tahu bahwa tupoksi tenaga pengawas sekolah ini diantaranya adalah menyusun program pengawasan, melaksanakan pembinaan guru dan melasanakan kenilaian kinerja guru,” katanya.

    Untuk itu, dia meminta kepada Dinas Pendidikan agar lebih memaksimalkan lagi pengawasan terhadap disiplin guru di sejumlah sekolah.