Dinas PUPR Barsel Akan Lakukan Pengawasan Jasa Kontruksi

DEDDY/BERITA SAMPIT - Kabid Bina Jasa Konstruksi Dinas PUPR Barsel Hawinu B. Handen.

BUNTOK – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melalui Bidang Bina Jasa Kontruksi akan melakukan pengawasan kepada pelaksana jasa kontruksi di daerah ini.

Kabid Bina Jasa Kontruksi Hawinu B. Handen, Jumat 24 Maret 2023 mengatakan, pengawasan terhadap pihak pelaksana jasa kontruksi tersebut sudah sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 1 Tahun 2023.

Kata Dia, pengawasan yang akan dilakukan sesuai kewenangan Dinas PUPR melalui Bidang Bina Jasa Kontruksi yakni tertib usaha jasa kontruksi, tertib penyelenggaraan jasa kontruksi dan tertib pemanfaatan jasa kontruksi.

“Maka akan kita awasi penuh, sesuai dengan aturan dan kewenangan yang diberikan agar jasa kontruksi akan lebih baik lagi hasilnya,” katanya.

Menurutnya, sesuai dengan undang-undang cipta kerja perizinan kontruksi tidak lagi diurus Dinas PUPR akan tetapi oleh pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

“Dikarenakan perizinan ini perlu untuk diawasi, sehingga terbit Permen PUPR Nomor 1 tahun 2023 untuk payung hukum pengawasan,” jelas Hawinu.

Untuk ke depannya lanjut Hawinu, Dinas PUPR Barsel akan melakukan sosialisasi terkait pengawasan ini kepada para kontraktor termasuk rekanan konsultan sebagai pengguna jasa kontruksi ini.

“Oleh karenanya diharapkan, para pengguna jasa kontruksi bagi yang perizinannya sudah mati bisa diaktifkan kembali dan yang kurang bisa dilengkapi,” terangnya.

Ditambahkannya, adapun yang kurang tersebut seperti melengkapi izin berusaha di PTSP melalui OSS dan dilengkapi dengan kelengkapan personel seperti SKT dan SKA.

“Tentunya kita berharap, melalui proses pengawasan dan perizinan yang sudah sesuai dengan aturan pihak jasa kontruksi di daerah ini akan lebih serta lebih kompeten lagi,” tukas Hawinu. (Ded).

Follow Berita Sampit di Google News