Deklarasi Pemilu Damai di Gunung Mas, Hindari Politik Identitas

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra saat melakukan tanda tangan Deklarasi Pemilu Damai.

KUALA KURUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melaksanakan deklarasi pemilu damai. Para perwakilan partai peserta Pemilu 2024 hadir dan menandatangani komitmen agar pelaksanaan pemilu tahun 2024 berjalan dengan damai.

Deklarasi yang digelar di aula Patria Tama Polres Gunung Mas tersebut diikuti oleh sejumlah unsur Forkopimda, penyelenggara Pemilu 2024 KPU dan Bawaslu, perwakilan masyarakat, ketua ormas dan pimpinan partai politik yang ada di daerah setempat.

Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra menyampaikan, pelaksanaan pemilu memiliki potensi konflik, tidak hanya antar peserta pemilu, tapi juga di kalangan masyarakat. Dengan adanya deklarasi damai yang dilakukan tersebut, dapat mewujudkan pelaksanaan pemilu 2024 di Kabupaten Gunung Mas dapat berjalan kondusif, damai, dan aman.

“Salah satu poin yang menjadi komitmen untuk menjaga pelaksanaan pemilu tetap damai adalah semua pihak bersepakat untuk menghindari politisasi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) atau politik identitas,” ungkap AKBP Asep Bangbang Saputra, Senin 11 September 2023.

Untuk menciptakan pemilu yang aman, damai dan kondusif ia mengajak elemen masyarakat dan peserta pemilu yang ada di Kabupaten Gunung Mas untuk saling bahu membahu menghadapi pemilu 2024 dengan kolaborasi, koordinasi, dan komunikasi agar pemilu berjalan kondusif.

“Dengan saling bahu membahu, beban kita akan terasa ringan. Perbedaaan pilihan di masyarakat tidak merusak persatuan dan kesatuan, tapi saling menghargai, karena demokrasi lahir dari perbedaan,” tuturnya.

Pada kesempatan itu juga, orang nomor satu di Polres Gunung Mas tersebut menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mempercayai informasi atau berita yang tidak akurat kebenarannya atau hoaks.

“Bersama kita kawal pemilu 2024 tanpa ada gangguan di lapangan. Bersama kita rawat persatuan dan kesatuan dalam perbedaan yang ada, bersama kita wujudkan pemilu damai di Kabupaten Gunung Mas,” tutup Kapolres. (Ale)

Follow Berita Sampit di Google News